Cara Mengatasi Cat Interior Rumah MengelupasSeiring umur dan bangunan hunian yang semakin tua dan kondisi kesehatannya, acapkali cat dinding interior akan mengelupas dan pudar. Tentunya, cat interior yang mengelupas bisa merusak tampilan rumah.

Cat dinding interior yang mengelupas dapat timbul karena berbagai kondisi pemicunya. Misalnya saja, rembesan air dari talang yang dibiarkan membasahi dinding dan mengakibatkan cat mengelupas.

Proses pengeringan tembok yang belum sempurna ketika melakukan pengecatan ruangan juga bisa menjadi pemicu cat dinding mudah mengelupas.

Lantas, jika cat dinding ruangan di rumah mengelupas bagaimana cara menanggulanginya? Mengutip dari laman Rooang, berikut ini tips dan cara mengatasi cat dinding hunian yang mengelupas.

Perbaiki sumber kebocoran

Salah satu pemicu cat mengelupas adalah kebocoran yang merembes hingga ke dinding ruangan. Nah, untuk itu perbaiki dahulu sumber kebocorannya, agar air tak lagi merembes ke bagian dinding.

Kerok cat lama dan bersihkan permukaan dinding

Setelah mengatasi kebocoran, kemudian kerok-lah lapisan yang terkelupas hingga terlihat bagian dasar dinding. Lalu, bersihkan permukaan dari debu dan kotoran. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan daya lekat lapisan cat yang baru.

Ketika membersihkannya, Anda dapat menggunakan amplas halus untuk menyingkirkan kotoran yang menempel.

Beri lapisan cat dasar

Apabila permukaan dinding sudah bersih dari kotoran atau sisa dari cat yang lama, kemudian beri cat dasar (primer coat) pada permukaan dinding. Biarkan cat dasar tersebut mengering secara sempurna sebelum diakhiri dengan finishing coat.

Lapisi dengan cat dinding berkualitas

Setelah diberi lapisan dasar, kemudian langkah selanjutnya laburi dengan cat dinding finishing yang memiliki kualitas baik dengan daya rekat dan elastisitas mumpuni, sehingga daya tahannya lebih lama dan tidak perlu terus-menerus mengulang pengecatan.

Kini banyak pilihan cat dinding interior berkualitas yang dapat dengan mudahnya ditemui di pasaran. Pilihlah sesuai kebutuhan dan ketersediaan dana.

Cat dinding kualitas rendah memang memiliki harga yang relatif murah, namun jika cat tidak bertahan lama sama saja Anda menghamburkan dana dan tenaga. Jadi tidak mengapa memilih cat dinding berkualitas dengan harga yang relatif mahal, akan tetapi awet.

sumber : rumahhokie.com